Peringati Hari Disabilitas Internasional Tahun 2022 Wabup Berharap Disabilitas Bisa Semakin Berdaya

Trenggalek,PersatuanBangsa.com
Pemerintah Kabupaten Trenggalek memperingati Hari Disabilitas Internasional tahun 2022, di Pendopo Manggala Praja Nugraha Trenggalek, Mengusung tema “Partisipasi Bermakna Menuju Pembangunan Inkusif dan Berkelanjutan” Senin (12/12/2022)

Tercatat ada sebanyak 5.356 penyandang disabilitas di Kabupaten Trenggalek dengan berbagai ragam derajat kedisabilitasan yang beragam. Dengan sentuhan beberapa program dari Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur, Dinsos PPPA Kabupaten Trenggalek serta berbagai pihak yang lain, sebagian kelompok rentan di Kabupaten Trenggalek mampu mengasah pontensi yang dimiliki untuk diberdayakan.

“Terima kasih Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur yang telah memberikan banyak edukasi dan program pelayanan kepada penyandang disabilitas melalui pemberdayaan komunitas Kampung Inklusi. Kemudian juga Sentra Terpadu Prof. Dr. Soeharso Surakarta, melalui kegiatan asistensi rehabilitasi sosial penyandang disabilitas,” ujar Wakil Bupati Trenggalek dalam peringatan Hari Disabilitas Internasional di Kabupaten Trenggalek.

Kemudian juga, sambung wakil kepala daerah muda itu, “Rumah Sakit Jiwa Menur dengan program bebas pasung Jatim untuk Kabupaten Trenggalek. Kemudian yayasan pengampu dan semua pihak yang senantiasa bergandengan tangan dalam membina dan merangkul kelompok rentan di Trenggalek dalam mengisi pembangunan,” imbuh Syah Muhammad Natanegara.

Menurutnya pelatihan Jadi Pengusaha Mandiri (JAPRI) bersama USAID bagi penyandang disabilitas dianggap menjadi langkah nyata untuk memperkuat aspek pemberdayaan di sektor ekonomi dalam peningkatan kemempuan kewirausahaan.

Sedangkan dalam program asistensi rehabilitasi sosial penyandang disabilitas BBRSPDF Prof. Dr. Suharso Surakarta, penyandang disabilitas diberikan peningkatan ketrampilan kemempuan fisik fisioterapi dan layanan dasar bagi penyandang disabilitas.

Dalam kegiatan ini, Penyuluh Ahli Madya BBRSDF Prof. Dr. Soeharso Surakarta, Tutik Nurning berpesan kepada para penyandang disabilitas yang telah mendapatkan program peningkatan kemampuan, untuk tidak terlampau senang ketika usahanya sedang ramai, terus patah semangat ketika usahanya surut. “teruslah berusaha, karena dengan terus berusaha maka jalan rejeki itu akan terbuka,” ucapnya berpesan.

Selain itu Tutik Nuning juga berpesan untuk mengakses program dari BBRSDF, para penyandang disabilitas ini diminta untuk sering-sering meminta informasi kepada Dinas Sosial, karena proposal yang masuk tanpa melalui instansi terkait tidak akan dilayani.

Menutup peringatan Hari Disabilitas Internasional di Kabupaten Trenggalek ini, Doding Rahmadi, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Trenggalek, berpersan kepada para penyandang disabilitas untuk selalu memandang pada dirinya sendiri, dengan begitu tahu akan potensi yang dimiliki.

“Semua orang diciptakan tidak sama. Contohnya wajah, antara satu dengan yang lain pasti tidak sama. Bahkan untuk orang kembarpun pasti ada perbedaannya. Karena itulah saya berpesan jangan memandang orang lain namun selalu pandanglah diri sendiri,”terangnya

Pesan selanjutnya, Doding juga meminta kepada mereka untuk menggantungkan cita-cita setinggi tingginya. Bermimpilah setinggi langit. Jika engkau jatuh, engkau akan jatuh di antara bintang-bintang.

Doding juga mengutip lirik lagu D’Masiv Jangan Menyerah, “tidak ada manusia yang terlahir sempurna, namun diantara ketidak sempurnakan itu ada potensi dan kemampuan. Jadikan ini kekuatan memberikan semangat kepada para penyandang disabilitas yang hadir dalam peringatan Hari Disabilitas Internasional tahun 2022 di Pendopo Manggala Praja Nugraha Trenggalek itu,”tutupnya (Ag)

Pos terkait