STAK Teruna Bhakti Yogyakarta Mewisuda 179 Wisudawan.

Yogyakarta,PersatuanBangsa.com
Sekolah Tinggi Agama Kristen Teruna Bhakti (STAK TB) Yogyakarta menyelenggarakan acara wisuda ke 11 tahun 2022 dengan mewisuda 179 lulusan, terdiri dari 5 Doktor Teologi, 16 Magister Pendidikan Kristen, 27 Sarjana Teologi dan 131 Sarjana Pendidikan Kristen ,dengan demikian sampai saat ini STAK TB telah memiliki alumni 982 orang, yang telah mengabdikan diri mereka di berbagai lembaga di Indonesia.

Para wisudawan yang wisuda hari ini berasal dari berbagai daerah/wilayah di Indonesia, prosesi wisuda dilaksanakan dengan sistim langsung (wisudawan hadir di tempat) dan beberapa wisudawan dengan sistim online. Upacara Akademik ini dilakukan dengan tetap menerapkannprotokol covid-19, bertempat di the Atrium Hotel and Resord Yogyakarta. Sendangadi, Mlati – Sleman, Rabu (20/7/2022).

Ketua Sekolah Tinggi Agama Kristen Teruna Bhakti (STAK TB) Yogyakarta, Dr.Johannis Siahaya ,M Th dalam Orasi Ilmiahnya dengan judul “Pentingnya Pendidikan Teologi Bagi Dunia Yang Terus Berubah” mengatakan, bahwa lembaga-lembaga Pendidikan dewasa ini termasuk lembaga Pendidikan Kristen di Indonesia sedang menghadapi perkembangan global yang terus bergerak dan bervariasi dari waktu ke waktu dengan intensitas yang semakin meningkat.

Untuk itu diperlukan langkah strategis agar tetap survive secara optimal, berkelanjutan serta konsisten berpartisipasi memberi kontribusi bagi pembangunan nasional, selain itu pendidikan teologi harus berusaha untuk menyediakan lingkungan teologi dan pendidikan yang akan memfasilitasi pembentukan dan transformasi bagi mereka yang memiliki panggilan ilahi untuk mengasihi dan melayani Allah dalam misinya kepada Dunia dan Gereja.Ujar Pdt.Johannis Siahaya.

Selain itu, Ketua STAK Teruna Bhakti pada kesempatan tersebut, memohon dukungan Doa agar proses peralihan status STAK TB dari Perguruan Tinggi Keagamaan Kristen (PTK) Swasta menjadi Perguruan Tinggi Keagamaan Kristen (PTK) Negeri yang kini memasuki finalisasi dukumen di lembaga-lembaga terkait diantaranya Kementerian Agama Republik Indonesia, segera terwujud di akhir tahun ini.

Disamping itu, tahun ini (2022) Sekolah Tinggi Agama Kristen Teruna Bhakti akan membuka 2 program studi baru yaitu prodi S1 Musik Gereja, dan Magister Teologi, yang sudah direncanakan beberapa tahun silam.

Ketua Yayasan Charista-STAK Teruna Bhakri Yogyakarta, Yupiter Ome dalam sambutannya mengatakan, kita sedang memasuki Era baru (Era Society 5.0) pada Era ini, perguruan tinggi dihadapkan pada tantangan sangat hebat yaitu masyarakat digital yang membutuhkan pelayanan pendidikan yang serba cepat dan akurat, serta persaingan yang sangat kompetitif.

Merespon hal tersebut STAK TB perlu melakukan perubahan dalam rangka menyesuaikan diri dengan perkembangan jaman dengan memiliki kemampuan reflektif untuk mengetahui tantangan masa depan, selain itu melakukan transformasi menuju model pendidikan baru dan cipta karya yang inovatif, serta adaptasi terhadap keseimbangan baru dengan membuat rencana pendidikan yang fleksibel. ujar.Yupiter.

Turut hadir dalam kegiatan akademik STAK TB, Pembimas Kristen ,Kanwil Kemenag DIY, Sri Gunarti Sabdaningrum,M.Pd.K., Pdt.Agus Haryanto ,ketua Tim Pendiri STAK TB., Para Anggota Senat, Dosen dan Staf Akademika Sekolah Tinggi Agama Kristen Yogyakarta, serta tamu undangan lainnya. (Kefas)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *