Salah Satu Kampung Pancasila Di Wilayah Korem 063/SGJ Diresmikan

Cirebon,PersatuanBangsa.com

Danrem 063/Sunan Gunung Jati Kolonel Inf Dany Rakca Andalasawan resmikan Tugu Pancasila di Padepokan Albaathin Alwaliyy Kompleks Perumahan Banjarwangunan Desa Banjarwangunan Kecamatan Mundu Kabupaten Cirebon.

Hal tersebut disampaikan Kapendam III/Slw Kolonel Inf Arie Tri Hedhianto, di Media Center Kodam III/Slw Jl. Aceh No. 69 Kota Bandung, Jabar, Senin (6/6/2022).

Menurutnya Hal ini dilaksanakan sebagai wujud kepedulian warga dalam mempertahankan kokohnya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dari berbagai ancaman, pasalnya di era sekarang ini tidak sedikit kelompok-kelompok yang berupaya untuk memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa melalui berbagai cara.

“Kampung Pancasila yang berada di wilayah Kecamatan Mundu merupakan pangkal dalam menghadapi berbagai ancaman, maupun tantangan di depan. Dengan adanya kemajmukan budaya, agama, bahasa maupun kemajmukan lainnya bukan menjadi penghalang untuk kemajuan dan tegaknya bangsa Indonesia,”pungkasnya

Sementara itu di tempat berbeda, Danrem 063/SGJ mengatakan, Kampung Pancasila adalah sebuah julukan yang diberikan oleh masyarakat. Sebuah Kampung yang mempunyai suasana masyarakatnya yang harmonis, bergotong royong dan sikap toleransi beragama, hal ini mengisyaratkan bahwa Kampung Pancasila merupakan wahana dan sarana dalam upaya mempertahankan kelangsungan NKRI.

“Pancasila ini sudah diamalkan oleh Kangjeng Sunan Gunung Jati dalam memimpin Kesultanan Cirebon, lima pepatah petitih Sunan Gunung Jati itu senada dengan nilai-nilai dasar Negara Pancasila,”tutupnya

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *