Pengamanan Nataru Apel Pasukan Operasi Lilin 2022 Digelar

Kota Tangerang,PersatuanBangsa.com Polres Metro Tangerang Kota gelar Apel Pasukan Operasi Lilin 2022, dalam rangka pengamanan perayaan Natal dan Tahun Baru 2023, di Mako Polres Metro Tangerang Kota, Kamis (22/12/22).

Kapolres Metro Tangerang Kota, Kombes Pol Zain Dwi Nugroho menjadi Inspektur Apel, yang diikuti petugas gabungan mulai dari jajaran Kepolisian, TNI, Satpol PP, Dinas Perhubungan, BPBD hingga Dinas Kesehatan.

Kapolres Metro Tangerang Kota, Kombes Pol Zain Dwi Nugrogo mengungkapkan Apel Gelar Pasukan ini dilaksanakan sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Lilin 2022, dalam rangka pengamanan perayaan Natal dan Tahun Baru, baik pada aspek personel maupun sarana prasarana. Terlebih, keterlibatan unsur terkait seperti TNI, Pemda dan Mitra Kamtibmas lainnya.

“Perayaan Natal dan Tahun Baru oleh masyarakat secara umumnya akan meningkatkan aktifitas pada pusat keramaian. Peningkatan aktivitas masyarakat inilah yang tentu saja sangat berpotensi menimbulkan gangguan lingkungan masyarakat, lalu lintas dan pelanggaran protokol kesehatan Covid-19,” ungkap Kapolres.

Ia pun menyatakan, untuk wilayah Kota Tangerang dalam pengamanan Natru ada 1.338 personil gabungan yang dikerahkan. Secara pelaksanaan, juga ada 10 Pos Operasi Lilin 2022, yang terdiri dari satu Pos Pelayanan, tujuh Pos Pengamanan dan dua Pos Pantau.

“Lokasi 10 pos ini, merupakan titik yang dinilai memiliki potensi kerawanan. Serta diperlukan pengawasan dan pengamanan yang lebih intens. Pastinya, seluruh kerawanan harus diantisipasi mulai dari antisipasi kecelakaan lalu lintas, kemacetan, kejahatan konvensional, penyebaran Covid-19, ancaman bencana alam, hingga acaman terror yang juga perlu diantisipasi,” tegasnya.

Lanjutnya, Polres Metro Tangerang Kota juga menurunkan pasukan khusus yaitu Tim Patroli Perintis Presisi yang dilengkapi persenjataan untuk melakukan pengetatan ke lokasi yang dinilai rawan gangguan.

Disamping itu, kata Kapolres dengan situasi Kota Tangerang dengan PPKM Level I, masyarakat diperbolehkan menggelar kegiatan keramaian namun dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan.

“Masyarakat diimbau untuk dapat bekerjasama dan berkoordinasi dengan baik, terutama dalam pelaksanaan kegiatan ibadah Natal dan Tahun Baru. Masyarakat harus tetap menjaga kemanan dan ketertiban, jika meninggalkan rumahnya untuk lebih waspada dan berhati-hati. Polsek dan Polres juga membuka layanan penitipan kendaraan motor dan mobil selama Operasi lilin 2022,” tutupnya
(Haryo)

Pos terkait