Novita Hardini. SE.,Dukung Penggerakan GERMAS Yang Di Lakukan Oleh Dinas Kesehatan PPKB Trenggalek

Trenggalek,PersatuanBangsa.com
Ketua TP PKK Kabupaten Trenggalek, Novita Hardini. SE., Mendukung penggerakan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan PPKB Kabupaten Trenggalek. Diyakini olehnya dengan terus menggerakkan Germas, kesadaran masyarakat terhadap kesehatan akan semakin meningkat. Rabu (09/11/2022)

Selain itu peningkatan belanja kesehatan menurut Novita diawali karena kurang kepedulian masyarakat terhadap pola hidup sehat. Padahal pepetah mengatakan mencegah itu lebih utama daripada mengobati.

“Hari ini penyerahan hadiah lomba inovasi desa terkait gerakan masyarakat hidup sehat (Germas). Alhamdulillah saya sangat berterima kasih kepada Bapak Bupati yang telah menginiasi kegiatan ini,” ucapnya.

Kita percaya Germas dapat menambah semangat di setiap desa menumbuh kembangkan kesadaran masyarakat sendiri atas kepentingan kesehatan dari hulu ke hilir. “Mulai dari pola makan yang sehat, kemudian peduli akan kesehatan lingkungannya sehingga ada pemilihan pola asuh kepada keluarganya masing-masing,” sambung penggiat UMKM itu.

Kalau kita, ingin meningkatan derajat kesehatan tentunya dimulai dari lingkup terkecil yaitu keluarga. Saya harap, tahun depan lebih dioptimalkan lagi dan dari kita Tim Penggerak dari Desa siap membantu pemerintah meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di Trenggalek.

“Kedepan tentunya kita, akan lebih menggebrak lagi program-program yang irisannya dengan Tim Penggerak PKK. Bekerjasama dengan setiap desa, sehingga peran Tim Penggerak PKK secara optimal bisa membantu desa untuk meningkatkan indikator keluarga sehat di desanya masing-masing,”ungkapnya

Awal tahun 2022 ini, Dinas Kesehatan PPKB Kabupaten Trenggalek telah mendorong adanya Desa Siaga Aktif. Puskesmas diminta menunjuk kaderdesa dan memilih desa yang akan didampingi guna siaga aktif terhadap pola hidup sehat.

Meskipun belum semua desa, namun dampak Desa Siaga sudah sangat terlihat. Beberapa indek meningkat karena kesadaran masyarakat akan hidup sehat juga semakin meningkat.

Esti Ayu Nusworini, S.KM., Kabid PMBK Dinas Kesehatan PPKB dalam penyerahan hadiah pemenang Desa Siaga di Hall Prigi Hotel Bukit Jaas Permai berharap, setiap desa bisa melaksanakan Desa Siaga Aktif. Diyakini Desa Siaga yang aktif melaksanakan gerakan masyarakat hidup sehat akan bisa meningkatkan derajat hidup sehat di desanya lebih optimal.

Gerakan ini sudah diawali awal tahun lalu, dengan Puskesmas memilih kader desa dan melakukan pelatihan kepada desa binaan tersebut. Diharapkan dengan pembinaan ini ada peningkatan kualitas kemandiriannya,”tutupnya (Ag)

Pos terkait