Kuras Saluran Air RW 03 Pegangsaan Dua, SDA Kecamatan Kelapa Gading Berhasil Angkat 6000 Karung Lumpur

Jakarta,PersatuanBangsa.com
Petugas Sumber Daya Air (SDA) Kecamatan Kelapa Gading melakukan pengurasan saluran air di RW 03, Jalan Pegangsaan Dua. Sebanyak 6000 karung lumpur berhasil dikumpulkan dan diangkat dari saluran.

“Kegiatan pengurasan dilakukan sebagai upaya mengatasi genangan yang terjadi saat hujan deras. Supaya air cepat surut dengan waktu kurang lebih satu jam,” kata Kepala Satuan Pelaksana (Satpel) Sumber Daya Air (SDA) Kecamatan Kelapa Gading, Citrin Indarwati, Selasa (4/10).

Citrin menambahkan dalam pengurasan tersebut diturunkan sebanyak 46 petugas SDA Kecamatan Kelapa Gading.
“Pengerjaan pengurasan pada saluran yang memiliki panjang 300 meter dimulai pada Kamis (29/9) lalu, untuk ketinggian sedimen lumpur mencapai 60-70 sentimeter. Selain ketebalan sedimen lumpur, beberapa plat tutup saluran juga jatuh menutup aliran air, diperkirakan hal tersebut yang mengakibatkan aliran dalam saluran terhambat. Selain tenaga manual, kami juga menurunkan dua unit pompa alkon dan tiga unit pompa apung,” ungkapnya.

Citrin berharap dari pengurasan tersebut saluran dapat kembali berfungsi dengan baik seperti sebelumnya.
“Hari ini pengerjaan sudah selesai dan sebanyak 6000 karung lumpur telah berhasil dikumpulkan dan diangkat keluar dari saluran. Kami berharap genangan di kawasan jalan yang mencapai ketinggian sekitar 20 sentimeter tidak terjadi lagi,” tuturnya. (SALSABILA)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *