Dukung Perekonomian Masyarakat, Sertu Harizal Sambangi Pengusaha Olahan Ikan Asin

Aceh Timur,PersatuanBangsa.com Bebagai usaha yang dilakukan oleh Babinsa dalam upaya mendukung perekonomian masyarakan salah satunya dengan memberikan motivasi serta dorongan kepada pelaku usaha pengolahan ikan kering/asin yang berkembang dengan baik oleh warga Desa Labuhan Keude, yang merupakan salah satu desa di Kecamatan Sungai Raya.

Seperti halnya yang dikembangkan oleh Rudi (44) salah satu warga binaan Sertu Harizal Babinsa Koramil 12/Sry Kodim 0104/Atim yang bertempat tinggal di Desa Labuhan Keude, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Aceh Timur, Senin (05/12/2021).

Sertu Harizal mengungkapkan pada proses pengolahan ikan asin biasanya warga menggunakan metode penggaraman basah yaitu penggaraman dengan menggunakan larutan garam dengan kadar garam 30% dari berat ikan sebagai media perendamannya.

“Perendaman dilakukan pada malam hari selama 1×24 jam, setelah itu tahap penjemuran dilakukan pada pagi harinya sampai ikan menjadi kering”, terang Babinsa.

Bagi warga desa Labuhan Keude bahan baku untuk pengolahan ikan asin sangat mudah didapat, dikarenakan tempat tinggal dan tempat pengolahan ikan berada pada radius jarak yang sangat dekat dengan tempat pendaratan ikan.

Sementara Rudi pemilik usaha ikan asi mengatakan, sebagian besar masyarakat setempat mengolah ikan hasil tangkapan menjadi ikan kering/asin karena mudah dilakukan dan dipasarkan, harga cukup tinggi, serta ketersediaan bahan baku dan pecahayaan sinar matahari yang sangat mendukung,”tutupnya
(sitinurjanah)

Pos terkait