BPW BAMAG LKKI Provinsi Jawa Barat Periode 2022 – 2027 Resmi di Nahkodai Pdt Djajang Buntoro, MTh

Bandung,PersatuanBangsa.com
Badan Musyawarah Antar Gereja (BAMAG) dan Lembaga Keagamaan Kristen Indonesia (LKKI) pada hari Senin yang lalu, (31/10/2022), pukul 15.00 WIB, bertempat di ITHB Assembly Hall, jalan Dipatiukur 80-84 Bandung, Jawa Barat mengadakan acara Pelantikan Badan Pengurus Wilayah BAMAG LKKI Provinsi Jawa Barat. Acara berlangsung juga atas kerjasama BAMAG LKKI dengan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT). Sabtu (05/11/2022)

Acara dihadiri oleh para Pelayan Tuhan yang mewakili gereja-gereja di wilayah Jawa Barat. Tujuan diadakannya acara ini adalah untuk melantik pengurus BAMAG LKKI wilayah Jawa Barat untuk masa bakti 2022-2027.

Dalam acara tersebut, turut hadir Ketua Umum BAMAG LKKI Agus Susanto, Ketua BNPT Komjen Boy Rafli beserta jajaran BNPT dan semua pendeta-pendeta yang ada di gereja-gereja di provinsi Jawa Barat.

Pdt. Dr. Deny Kusoy mewakili Rektor ITHB dalam sambutannya mengatakan “Selamat datang semua peserta dan tamu undangan yang hadir. BAMAG LKKI hari ini mengadakan tiga acara, yaitu.

Pelantikan calon pengurus BAMAG LKKI Provinsi Jawa Barat ;
Seminar Kebangsaan dan ;
Penandatangan MoU antara BAMAG LKKI dengan BNPT

Semoga acara berlangsung dengan baik dan menghasilkan keputusan yang terbaik sebagai bentuk nyata kontribusi umat Kristen bagi masyarakat Indonesia, ” ujarnya.

Pembimas Kristen Kemenag Provinsi Jawa Barat Harapan Nainggolan

Harapan Nainggolan, Pembimas Kristen Kemenag Provinsi Jawa Barat, mengatakan, “Hari ini, selain melakukan pertemuan, kita bisa meriview untuk kontribusi umat Kristen di Jawa Barat.

Lebih lanjut Pria yang pernah menjabat Pembimas kristen Kemenag kota bogor ini mengatakan ” BAMAG LKKI mengambil peran menjadi momentum menunjukkan eksistensi kepada pemerintah, antara gereja dan antar umat beragama. Kita rindu lembaga keagamaan Kristen bisa mengambil fungsi masing-masing sesuai dengan tujuan masing-masing. Tidak ada lagi gesekan, kita majukan pemikiran yang konstruktif dan inovatif sehingga menuju Indonesia emas. Tidak ada lagi fragmentasi pendapat, namun bisa saling bersinergi satu dengan lainnya. Umat Kristen harus mendukung antar organisasi baik secara internal gereja-gereja dan kedepannya. Untuk pengurus yang dilantik, dapat membentuk soliditas, sinergitas bagi semua pihak di dalam kemajemukan, “Imbuhnya

Dr. Dewi sartika, M. Si, mewakili Gubernur Jawa Barat memberikan kata sambutan

Pdt. Dr. Ir. Hengky Narto Sabdo,SH.,M.Th., M.M., Sekretaris Umum BAMAG LKKI membacakan surat keputusan pelantikan kepengurusan BAMAG LKKI Provinsi Jawa Barat periode 2022-2027.

Terpilih Ketua BAMAG LKKI Provinsi Jawa Barat, Djajang Buntoro, Sekretaris Lili Teresia, Bendahara Melianawati. Juga dibacakan susunan lengkap kepengurusan Provinsi Jawa Barat. Kemudian didoakan oleh Pdt. Lukman Panji dan setelah itu penyerahan bendera secara simbolis, bahwa Kepengurusan BAMAG LKKI Provinsi Jawa Barat resmi dilantik dan siap bekerja untuk periode 2022-2027.

Ketum BAMAG LKKI, Ir.Agus Susanto, M.Sc., mengatakan dalam kata sambutan, Selamat kepada para jajaran yang sudah dilantik dalam kepengurusan BAMAG LKKI Provinsi Jawa Barat. Untuk Provinsi Jawa Barat memiliki tingkat dinamika yang berbeda. Banyak permasalahan sosial dalam kehidupan masyarakat Jawa Barat.

Saya berpesan, BAMAG LKKI harus tahu adalah Ormas keagamaan. Untuk wilayah pengabdiannya adalah ruangan kosong apabila ada organ sejenis yang tidak melakukan tugasnya maksimal, BAMAG LKKI harus turut andil. Kepengurusan harus menjaga eksistensi dalam kehidupan masyarakat Provinsi Jawa Barat.

“BAMAG LKKI juga membuat kajian yang bisa berkontribusi kepada pemerintah pusat. BAMAG LKKI Provinsi Jawa Barat juga melakukan kajian yang dapat berkontribusi untuk masyarakat Jawa Barat. Banyak hal yang BAMAG LKKI lakukan melakukan kajian-kajian yang bertujuan memajukan masyarakat bukan saja umat Kristen, tapi juga antar umat beragama. Semua bidang kehidupan bermasyarakat terus dikaji dan bersinergi dengan pemerintah, ” pungkas Agus Susanto.

“Adanya nota kesepahaman atau MoU nantinya antara BAMAG LKKI dengan BNPT¬† dilakukan, agar terjalin kerjasama untuk menciptakan kedamaian dan juga memerangi radikalisme yang mengganggu toleransi umat beragama.”

“Kita umat Kristiani diminta terlibat secara aktif permasalahan negara saat ini, terutama mengenai radikalisme dan terorisme. Jika kita BAMAG LKKI berperan bagi bangsa, harus ada sumbangsih, bukan saja untuk gereja saja, namun juga semua lapisan masyarakat. Harus ada pendekatan lunak (soft approach). Baru pertama kali nanti, umat Kristen khususnya gereja dilibatkan bersama BNPT untuk menjaga keharmonisan antar umat beragama dan memerangi radikalisme dan terorisme,”ungkapnya

Dr. Dewi sartika, M. Si, mewakili Gubernur Jawa Barat memberikan kata sambutan.” Gubernur Jawa Barat memberikan selamat kepada kepengurusan BAMAG LKKI Provinsi Jawa Barat untuk mass 2022-2027.

Kita diberikan kesepahaman agar tetap terus bekerjasama antar organisasi keagamaan. Di Jawa Barat miliki keragaman. Diperlukan kerjasama dan inovasi, serta menjaga kerukunan, konsisten, kolaborasi sesuai dengan slogan Provinsi Jawa Barat, “Jabar Juara”. Kerukunan dan toleransi adalah keharusan, membantu¬† pembangunan Jawa Barat. Ada indikator yang harus kita perhatikan, yaitu pendidikan, kesehatan dan ekonomi. Mari kita songsong Indonesia Emas kedepan nya, jaga Persatuan, berusaha membangun pertumbuhan ekonomi 5 % dan membina generasi muda, sama seperti peran BAMAG LKKI, ” ungkapnya.

Ketua BAMAG LKKI Provinsi Jawa Barat, Djajang Buntoro memberikan kata sambutan.”Hari ini, kami ucapkan selamat datang semua tamu yang hadir. Kami pengurus mengucapkan Terima kasih banyak sudah menerima pesan-pesan dari kata sambutan bagi kami BAMAG LKKI Provinsi Jawa Barat. Kita harus segera implementasikan pesan-pesan tersebut dalam rencana kerja pengurus nantinya, ” ujarnya.

“Kita akan menjadi saksi sejarah, atas nanti penandatanganan kerjasama antara BAMAG LKKI dengan BNPT. Semoga tercipta kedamaian dan toleransi antar umat dalam menanggulangi masalah radikalisme dan terorisme, ” ujarnya.

Acara dilanjutkan dengan kesenian Angklung oleh kaum ibu-ibu dari kota Bandung, Jawa Barat. Selamat bagi kepengurusan baru BAMAG LKKI Provinsi Jawa Barat masa bakti 2022-20JN,”tutupnya
(JN)

Pos terkait