Wakil Bupati Trenggalek, Syah Muhamad Natanegara senang investasi masuk ke daerahnya melampaui target yang ditetapkan.

Trenggalek,PersatuanBangsa.com

Wakil Bupati Trenggalek, Syah Muhamad Natanegara senang investasi masuk ke daerahnya melampaui target yang ditetapkan. Diharapkan iklim yang semakin baik bisa meningkatkan investasi yang masuk.

wakil bupati menyampaikan saat mengikuti kegiatan penghargaan realisasi capaian investasi secara virtual di Gedung Smart Center Trenggalek, Rabu (16/02/2022)

Meskipun masih banyak tantangan yang harus dihadapi, utamanya meningkatkan investasi di sektor industri, namun mantan aktivis kepemudaan itu yakin jajarannya mampu meningkatkan investasi masuk di daerahnya.

“Harapannya investasi kita bisa meningkat, karena situasi dan kondisi di Trenggalek juga sangat memungkinkan untuk kita bisa meningkatkan investasi masuk,”ucapnya

seperti yang sudah dilakukan oleh bapak bupati beberapa kali mengundang para investor. Saya yakin Dinas PTSP bisa meningkatkan investasi di Trenggalek lebih baik.

“Asisten Ekonomi dan Pembangunan Kabupaten Trenggalek, Yudi Sunarko menambahkan, “secara nominal target kita bagus terlampaui. Tetapi tetap masih banyak tantangan yang harus kita hadapi,” imbuhnya.

Sebagai contoh dari 100% Rp. 292 miliar investasi yang ada di Trenggalek, 70% persen lebih dibidang jasa dan perdagangan. Sementara untuk sektor industri pengolahan ini hanya 7%. Hal itu menunjukkan bahwa kita sementara masih merupakan daerah yang menjadi pasar daerah lain.Jadi sektor industrinya kecil, dan sektor perdagangan jasanya tinggi. Artinya kita masih di daerah pasar bukan daerah produsen, ini tantangannya.

“Adapun Harapan kedepan kalau ada pertumbuhan, di sektor sekunder ini hatus kita dorong. Kita bangun iklim investasi yang bagus di sektor industri pengolahan,” tandasnya.

Edi Santoso, Plt. Kepala Dinas Penanaman Modal dan Perijinan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) menambahkan, “secara tahunan ada dinamika, karena pada tahun 2020 terjadi Pandemi Covid 19, itu sempat drop. Kemudian di tahun 2021 ini bangkit kembali,” imbuh mantan Camat Watulimo itu melengkapi.

“Pada tahun 2021 yang telah kita lalui kemarin mencapai target dan bahkan lebih. Dari targat Rp. 250 miliar bisa dicapai Rp 292 miliar,Ada berapa di sektor investasi yang akan masuk mulai sektor primer yaitu pertanian, dan perikanan. Kemudian di sektor sekunder juga ada, yaitu industri dan itu terus kami lakukan konsolidasi dan komunikasi agar segera bisa terealisasi di Trenggalek tahun 2022 Ini,”tuturnya

Ditanya perkembangan ketertarikan investor Taiwan dengan Trenggalek, Plt. Kepala PMPTSP Kabupaten Trenggalek ini menjelaskan, komunikasi intens terus dilakukan. Rencananya mereka akan kembali di akhir Februari atau awal Maret, karena masih ada kegiatan peringatan hari besar keagamaan.

“Sedangkan sektor yang dibidik investor Taiwan sendiri di sektor primer yaitu pertanian buah naga. Kemudian rencananya akan berkembang ke sektor sekundernya industri renewable energy,”tutupnya (Nov)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *