Staf Presiden RI Moeldoko Resmikan Jambore Petani Millenial Se-Aceh di Kota Langsa

Kota Langsa,Aceh – PersatuanBangsa.com
Kepala Staf Presiden Republik Indonesia (KSP) Jenderal TNI (Purn) Dr. HC Moeldoko, SIP, MSi, sambangi Kota Langsa, Provinsi Aceh menresmikan , menghadiri kegiatan Jambore Petani Millenial se-Aceh Gampong Buket Meutuah, Kecamatan Langsa Timur dan meninjau Pelabuhan Kuala Langsa serta Pusat Pasar pada hari ini Rabu (21/12/2022).

Kedatangan Moeldoko yang juga sebagai Ketua Umum Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) bersama rombongan sekira pukul 09:00 disambut Pj Wali Kota Langsa, Ir Said Mahdum Majid bersama unsur Forkopimda, para SKPK dan Ketua HKTI Aceh Dr. Ir. Muhammad Zulfri, ST, MM, MT, IPM, Plt Sekda Kota M Darpian, ST, kapolres langsa, ketua DPRK langsa dan lainnya.

Selanjutnya, kehadiran Moeldoko di Pendopo Wali Kota Langsa diawali dengan pemakaian baju adat Aceh dan peusijuk (tepung tawar) oleh Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Kota Langsa, Pj. Wali Kota, serta sejumlah tokoh masyarakat lainnya dilanjutkan dengan jamuan makan bersama.

Kemudian, Moeldoko bersama Pj. Wali Kota dan unsur Forkompinda mengunjungi Pusat Pasar Kota Langsa, guna mengecek harga barang dan ketersediaan barang serta membeli beberapa kebutuhan bahan pokok sembari berbincang-bincang dengan pedagang.

Usai mengunjungi Pusat Pasar Kota Langsa, Moeldoko juga meninjau Pelabuhan Kuala Langsa dan melanjutkan perjalanan ke Gampong Buket Meutuah, Kecamatan Langsa Timur dalam rangka kegiatan Jambore Petani Millenial se-Aceh.

“Ketahanan pangan kunci hadapi potensi krisis global, organisasi HKTI harus dapat menjadi jembatan antara Pemerintah dan Pemerintah Daerah dengan petani,” sebut Moeldoko dalam pertemuan dengan masyarakat dan kelompok tani.

Lanjutnya, krisis pangan kesempatan atau peluang besar bagi petani untuk meningkatkan produksi, jangan gara-gara krisis pangan petani semangatnya memudar. Justru dengan krisis tersebut merupakan kesempatan bagi petani untuk meningkatkan hasil pertanian.

“Mari kita tanam apa saja yang bisa kita tanam semoga program Pemerintah dalam ketahanan pangan dapat berjalan dengan maksimal. Mari kita manfaatkan peluang yang ada untuk menuju kemandirian pangan nasional,” tandas Moeldoko.

Sebelumnya, Pj. Walikota Langsa Ir Said Mahdum Majid mengucapkan selamat datang kepada bapak Kepala Staf Presiden Republik Indonesia (KSP) Jenderal TNI (Purn) DR. Dr (HC) Moeldoko, SIP, MSi bersama rombongan yang berkenan melakukan kunjungan kerja ke Kota Langsa.

Lanjutnya, ini merupakan suatu hadiah akhir tahun sekaligus penghormatan dan kebanggaan bagi Pemerintah dan masyarakat atas kehadirannya di Kota Langsa, semoga kunjungan ini menjadi berkah.

“Kegiatan Jambore Petani Millenial se-Aceh yang kita laksanakan hari ini, semoga momentum yang tepat untuk mengingatkan kembali peran penting dan strategi petani dalam membangun nasional,” tuturnya.

Hal ini, lanjutnya, untuk meningkatkan animo generasi muda dalam menggeluti sektor pertanian dengan menjadi petani yang maju dan modern dengan kesinambungan generasi petani yang kemajuan IPTEK di bidang pertanian.

“Insyaallah, kita akan mampu mewujudkan Negara yang kuat dan berdaulat atas ketahanan pangannya sendiri,” tutupnya
(zainal)

Pos terkait