Sembilan Lembaga PWNU Jawa Barat Resmi Dilantik

Bandung, PersatuanBangsa.com Ketua PW NU Jawa Barat, KH. Juhadi Muhammad, SH secara resmi melantik dan mengukuhkan sembilan lembaga – lembaga di bawah lingkungan PWNU Propinsi Jawa Barat periode 2021 – 2026, di Gedung Dakwah PWNU Jawa Barat, Selasa (8/3/2022).

Kesembilan lembaga yang dilantik dengan Baiat adalah Lembaga Penyuluhan dan Bantuan Hukum (LPBH), Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (Lakpesdam), Lembaga Kesehatan, Lembaga Kemaslahatan Keluarga (LKK), Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim, (LPBPI), Lembaga Rabithah Ma’ahid Islamiyah (LRMI), Lembaga Pendidikan Ma’arif (LPM), Lembaga Perguruan Tinggi (LPT) dan Lembaga Seni Budaya Muslim Indonesia (LSBMI).

Proses pelantikan dan pengukuhan Pengurus LPBH PWNU Jawa Barat yang dikhodimi oleh H. Mahpudin, S.H., M.M., M.Kn. selaku Ketua, dilakukan berdasarkan SK Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama nomor 012-SK/PW/A.II/D/02/2022 yang ditandatangani oleh Ketua PWNU Jawa Barat, KH.Juhadi Muhammad, SH dan Rois Syuriah DR. KH. Abun Bunyamin tanggal 20 Rajab 1443 H / 21 Februari 2022.

Dalam penyampaian visi misi masing masing lembaga sebelum sambutan pengarahan dari Ketua Tanfidziah dan Rois Syuriah PWNU Jawa Barat, Ketua LPBH PWNU Jawa Barat menyampaikan visi misi nya yaitu : Visi LPBH PWNU Jawa Barat adalah menjadikan LPBH PWNU Jawa Barat sebagai Lembaga Bantuan Hukum yang terakreditasi dan professional yang berkhidmat kepada Ulama dan Ummat. Sedangkan misi nya adalah menjalankan fungsi sosial dalam penyuluhan, pendampingan, konsultasi dan kajian kebijakan hukum. Dan menjalankan fungsi profesional di bidang hukum untuk menopang dan menjalankan fungsi sosialnya.

Sementara itu Ketua PWNU Jabar , KH Juhadi Muhamad dalam sambutan pengarahannya menyebutkan, proses perjalanan penyusunan pengurus lembaga lembaga PWNU sangat lama dengan berkolaborasi formulasi Kader NU di Jabar yang kompeten sehingga semua lembaga dapat berjalan sesuai harapan dan cita-cita kepengurusan PWNU Jawa Barat lima tahun kedepan.

Menurutnya, posisi kepengurusan lembaga ini dilakukan melalui proses seleksi agar seluruh potensi SDM Jawa Barat betul betul dapat menjalankan empat program PWNU Jabar.

Empat program itu, lanjut KH. Juhadi Muhammad, sudah terangkum dalam doa sehari-hari.

“Pertama yang berkaitan dengan doa salamatan fiddin diharapkan warga NU Jawa Barat dapat memanfaatkan sarana ibadah (masjid dan mushola) sebagai pusat dakwah,” ujarnya.

Kedua, waafiatan fil jasad melalui program kesehatan dengan membangun rumah sakit di seluruh kota kabupaten yang ada di Jawa Barat.

Ketiga, waziadatan fil ilmi sebagai penguatan SDM melalui lembaga pendidikan yang harus terus di tingkatkan hingga perguruan tinggi serta dapat meningkatkan kualitas pendidikan yang ada hingga perguruan tinggi di Jawa Barat.

“Kami nanti akan undang rektor rektor perguruan tinggi untuk membahas pendidikan di Jawa Barat kedepan,” ujarnya.

Terakhir, KH. Juhadi menegaskan adanya program perekonomian yang menjadi target kepengurusan PWNU lima tahun kedepan dengan memberdayakan pelaku ekonomi kreatif untuk lebih maju dan sejahtera.

“Mudah mudahan kepengurusan PWNU Jawa Barat dapat memberikan maslahat untuk warga Jawa Barat,” pungkasnya.Ihsan

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *