Hore! Komatsu Bimbing Siswa SMK Percik Belajar Industry Operator Machining Alat Berat

Jakarta, PersatuanBangsa.com
Siswa kelas X jurusan Teknik Permesinan (TP) mengikuti kegiatan visitasi dan guru industri operator machining alat berat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) link & match Komatsu selama 2 hari, tanggal 30-31 Agustus 2022.

“Komatsu hadir untuk membimbing siswa Cikini untuk belajar dunia industri kerja,” Attitudenya harus bagus, skilnya, knowledge juga, tapi yang lebih penting dan harus diperhatikan adalah Attitudenya,” kata Damar Tri Jaya sebagai peserta. Rabu (31/8/22).

Damar menirukan pesan mentor, jika ada orang yang berdiri dan bicara didepan kita, harus mendengar dan memperhatikan, jika kita ditanya harus dijawab.

Link and match adalah kebijakan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia yang dikembangkan untuk meningkatkan relevansi SMK dengan kebutuhan dunia kerja, dunia usaha serta dunia industri khususnya.

“Perasaan saya senang bisa ikut kegiatan ini, saya lebih bisa berpikir terbuka tentang wawasan dunia kerja, kita di berikan motivasi, video industri tentang teknologi robot, kita belajar mesin bubut, frais, dan drilling. Dan jika kita harus punya Attitude dan karakter,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Novita selaku walimurid, mengatakan, Saya senang dengan adanya kegiatan visitasi dari Industri khususnya Komatsu ke Sekolah. Dapat memberikan anak-anak gambaran bagaimana pekerjaan di industri yang sebenarnya. Anak yang sebelumnya di SMP belum terpikir ingin menjadi apa, atau bekerja dimana.

“Kegiatan seperti ini banyak membantu para siswa berpikir tentang masa depan dan berpikir apa tujuan mereka ke depan. Sehingga dengan begitu, mereka akan semangat belajar supaya bisa mencapai tujuannya itu,” kata Novita.

“Setelah mengikuti kegiatan komatsu ini, anak-anak terpacu untuk lebih semangat belajarnya Pak,” tuturnya.

Kemudian, Mochamad Iskandar kordinator urusan (Kour) jurusan TP SMK Perguruan Cikini Jakarta menuturkan,”Hari pertama kegiatan, penjelasan tujuan kedatangan berdasarkan Perjanjian Kerja Sama (PKS) link & match, Peraturan Baris Berbaris (PBB) bersama siswa, pengenalan company profil & basic safety, penjelasan materi 5K/5S (Ketelitian, kerapihan, kebersihan, kesegaran dan kedisiplinan), penjelasan 3S (Senyum, Sapa, Salam), 3C (Care, Commitment & Consistent), penjelasan materi Yoss Check & HORENSO, penjelasan materi SCW (Stop, Call & Wait), 3H (Hajimete, Henko, Hisa shiburi)”.

“Hari kedua yaitu PBB bersama siswa link & match, penjelasan teori pengoperasian crane, penjelasan materi teori mesin drilling, penjelasan materi teori mesin bubut manual, praktek pengoperasian crane, praktek pengoperasian mesin drilling, praktek pengoperasian mesin manual lathe, praktek pengoperasian mesin CNC lathe.

Materi budaya industri dan pengoperasian alat berat dibawakan dari Komatsu. Kegiatan dilaksanakan hari Selasa dan Rabu, hari pertama mulai pukul 07.30-16.15 wib dan hari kedua mulai pukul 07.30-15.45 wib.

Komatsu Ltd. atau Komatsu adalah sebuah perusahaan multinasional asal Jepang yang memproduksi peralatan konstruksi, pertambangan, kehutanan, dan militer, serta mesin diesel dan peralatan industrial, seperti mesin tekan, laser, dan generator termoelektrik. Perusahaan ini berkantor pusat di Minato, Tokyo, Jepang. (Samsudin)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *