DPRD Komisi II Trenggalek Bersama OPD Membahas Evaluasi PAD Tahun 2022

Trenggalek,PersatuanBangsa.com

Komisi II DPRD Kabupaten Trenggalek menggelar rapat kerja bersama 12 OPD, dalam rangka evaluasi PAD pada semester awal Tahun 2022. Kegiatan dilaksanakan di ruang rapat gedung DPRD Kabupaten Trenggalek, Jumat (13/5/2022).

Ketua Komisi II DPRD Trenggalek, Mugianto mengatakan, bahwa rapat hari ini digelar untuk mengevaluasi prosentase penghasilan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari masing masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) penghasil dalam semester awal.

“Adapun dalam bulan empat, lima, dan enam ini masuk dalam semester awal. Dan kita masih mencapai dibawah tiga puluh persen dari target, Oleh sebab itu pihaknya meminta kepada OPD penghasil dan juga Bakauda untuk lebih serius lagi dalam meningkatkan kinerja petugas,”ucapnya

Sedangkan masih ada beberapa alasan yang disampaikan oleh OPD terkait pencapaian PAD di awal semester ini. Namun demikian beberapa alasan yang disampaikan OPD belum bisa diterima oleh Komisi II.

“Mestinya dari target sekian, mulai bulan Januari, Februari, Maret,dan April, sudah kelihatan paling tidak sudah tiga puluh lima persen lah. Itu berarti kinerja mereka betul betul serius. Namun kalau masih dibawah tiga puluh persen bisa diartikan bahwa petugas pungut yang ada di lapangan masih kurang serius. Dan ini menjadi catatan kita kepada masing masing OPD untuk memberi suport kembali kepada petugas yang ada di lapangan,”ungkapnya

Komisi II berharap, adanya langkah pemantauan, pembinaan, dan pengawasan dari masing masing OPD terutama kepala dinas juga harus bertanggung jawab atas kinerja petugas di lapangan untuk bisa lebih sportif, efektif dan bekerja keras guna tercapainya target PAD di akhir tahun mendatang.

“Karena kita pemerintah daerah juga sudah memberikan apa yang diinginkan, tentunya kita jangan hanya haknya yang dituntut tapi tanggung jawabnya juga harus dilakukan,”tuturnya

Menurutnya belum tercapainya target di awal semester ini karena kurangnya rasa greget dari masing masing OPD penghasil. Selain itu pihaknya dari Komisi II juga akan sesering mungkin untuk melakukan rapat guna memberikan motivasi kepada OPD agar bisa bekerja lebih semangat.

“Kita Komisi II harus melakukan rapat rapat periodik biar mereka tidak seenaknya berleha-leha atau bersantai santai ria, kemudian di akhir tahun tidak tercapai kemudian membuat retorika alasan. Makanya kita tidak percaya dan tiap triwulan sekali atau dua bulan sekali saya akan lakukan rapat untuk evaluasi,”tutupnya (Ag)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *