Bupati Trenggalek Mendampingi Kementrian PUPR Kunjungi Bendungan Tugu Terkait Rencana PPISDA

Trenggalek,PersatuanBangsa.com
Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin dampingi kunjungan Direktur Pelaksanaan Pembiayaan Infrastruktur Sumber Daya Air (PPISDA) Kementerian PUPR. Kunjungan tersebut menindaklanjuti rencana pemanfaatan Bendungan Tugu untuk Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH). Senin(21/03/2022)

Pemanfaatan Bendungan Tugu sebagai PLTMH, menurut Bupati sebagai bentuk dukungan dalam mengintimigasi perubahan iklim. Hal itu sejalan visi misi Presiden RI sebagaimana dibahas dalam COP26 maupun Presidensi G20, yang ditargetkan pada tahun 2025 bauran energi baru terbarukan di Indonesia berada di angka 23%.

“Sedangkan tidak hanya menahan untuk air agar tidak banjir ataupun penyediaan air baku, tetapi juga menghasilkan listrik, maka itu yang terus kita bicarakan, kita berpatner dengan PJB dan juga PLN sebagai user,”ungkapnya

Di samping mengajukan izin kepada Kementerian PUPR terkait pemanfaatan Bendungan Tugu, Bupati Nur Arifin juga membahas kerja sama dari sisi pembiayaan.

Dengan ini yang kita kerjakan pertama kali yaitu, di sisi mikro hidro yang dari studi 0,4 megawatt, tapi ke depan juga kami berharap, diizinkan juga nanti untuk menggunakan bentangan genanagaan sesuai aturan yang 5% untuk digunakan floating solar panel.

“Selain itu,rencana kedepannya ketika bandara di Kediri sudah beroperasi dan potensi pariwisata kian berkembang, tentu mendukung kebutuhan industri akan listrik yang semakin meningkat. Juga tren penggunaan kendaraan listrik di masa mendatang,”pungkasnya

Direktur PPISDA Kementerian PUPR Ir. Arvi Argyantoro, M.A., membenarkan bahwa kunjungan tersebut adalah untuk menindaklanjuti rencana Pemkab Trenggalek memanfaatkan salah satu bagian dari Bendungan Tugu sebagai PLTMH.

“Jadi kami akan mencoba mencari alternatif pembiayaannya seperti apa untuk kita bisa melakukan apa yang tadi diharapkan oleh Bupati,”tutupnya (Ag/Nov)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *